SILATURAHIM DAN BUKA PUASA BERSAMA RAMADHAN 1438 H PENGADILAN TINGGI KALIMANTAN TIMUR

7 hari yang lalu

Samarinda, 20 Juni 2017. Demi mempererat silaturahim, Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur mengadakan buka puasa bersama yang bertempat di kantor Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur. Lebih Lengkap →

UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA TAHUN 2017

20 hari yang lalu

Samarinda, Kamis (01/06/2017) Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur melaksanakan upacara bendera Hari Lahir Pancasila bertempat di Halaman depan Gedung Kantor Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur. Upacara ... Lebih Lengkap →

BIMBINGAN TEKNIS PELAPORAN KEUANGAN PERKARA DAN APLIKASI SIRAT PENGADILAN NEGERI SE-WILAYAH HUKUM PENGADILAN TINGGI KALIMANTAN TIMUR

1 bulan yang lalu

Samarinda, 23 Mei 2017 Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur mengadakan Bimbingan Teknis Pelaporan Keuangan Perkara dan Aplikasi Sirat, acara ini dibukan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur Bap... Lebih Lengkap →

RAPAT EVALUASI SAKIP DAN LKJIP PENGADILAN NEGERI SEWILAYAH KALIMANTAN TIMUR TAHUN 2016

1 bulan yang lalu

Samarinda, 18 Mei 2017 bertempat diruang sidang atas, Pengadilan Tinggi Kalimanta Timur melaksanakan evaluasi laporan SAKIP dan LKJIP Pengadilan Negeri di wilayah hukum Pengadilan Tinggi Kalimantan Ti... Lebih Lengkap →

PENYERAHAN / HIBAH ASET TANAH DAN BANGUNAN PENGADILAN NEGERI SANGATTA DAN PENGADILAN NEGERI BONTANG

1 bulan yang lalu

Realisasi penyerahan / hibah aset tanah dan bangunan Pengadilan Negeri Sangatta dan Pengadilan Negeri Bontang  serta Pengadilan Agama Sangatta dan Pengadilan Agama Bontang dari Pemerintah Kabupat... Lebih Lengkap →

Hati-hati terhadap Tindak Penipuan yang mengatasnamakan Mahkamah Agung RepubliK Indonesia

Laporkan segala tindak penipuan ke https://siwas.mahkamahagung.go.id

Masuk



Ketua PT Samarinda

Dr. H. SOEDARMADJI, SH. M.Hum

Kalender

Statistik

5pengunjung online
202kunjungan hari ini
301.138jumlah kunjungan

Tata Cara Mengajukan Keberatan

TATA CARA MENGAJUKAN KEBERATAN

DAN PENANGANAN KEBERATAN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI

 

 

  1. A.   Syarat dan Prosedur Pengajuan

Pemohon berhak mengajukan keberatan dalam hal ditemukannya alasan sebagai berikut:

  • Adanya penolakan atas permohonan informasi;
  • Tidak disediakannya informasi yang wajib diumumkan secara berkala;
  • Tidak ditanggapinya permohonan informasi;
  • Permohonan ditanggapi tidak sebagaimana yang diminta;
  • Tidak dipenuhinya permohonan informasi;
  • Pengenaan biaya yang tidak wajar; dan/atau
  • Penyampaian informasi melebihi waktu yang diatur dalam Pedoman ini.

 

Keberatan ditujukan kepada Atasan PPID melalui Petugas Informasi oleh Pemohon atau kuasanya.

  

 

B. Registrasi 

  1. Petugas informasi wajib memberikan formulir keberatan kepada pemohon untuk diisi dan membantu pengisiannya jika diperlukan.
  2. Petugas Informasi langsung memberikan salinan formulir keberatan sebagai tanda terima pengajuan keberatan.
  3. Petugas Informasi wajib mencatat pengajuan keberatan dalam register Keberatan dan meneruskannya kepada atasan PPID dengan tembusan kepada PPID dalam waktu selambatlambatnya 2 (dua) hari kerja sejak permohonan diajukan.

  

 

C. Tanggapan Atas Keberatan

 
Atasan PPID wajib memberikan tanggapan dalam bentuk keputusan tertulis yang disampaikan kepada Petugas PPID dengan tembusan kepada PPID selambat-lambatnya dalam waktu 20 (dua puluh) hari sejak dicatatnya pengajuan keberatan tersebut dalam register keberatan.

 

Keputusan tertulis sebagaimana dimaksud sekurang-kurangnya memuat :

  • Tanggal pembuatan surat tanggapan atas keberatan;
  • Nomor surat tanggapan atas keberatan;
  • Tanggapan/jawaban tertulis atasan PPID atas keberatan yang diajukan yang berisi salah satu atau beberapa hal sebagai berikut: Mendukung sikap atau putusan PPID disertai alasan dan pertimbangan yang jelas, Membatalkan putusan PPID dan/atau memerintahkan PPID untuk memberikan sebagian atau seluruh informasi yang diminta kepada Pemohon dalam jangka waktu tertentu selambat-lambat 14 (empat belas) hari kerja,  Memerintahkan PPID untuk menjalankan kewajibannya dalam memberikan pelayanan informasi sesuai dengan Undang-undang dan peraturan yang berlaku dalam jangka waktu tertentu selambat-lambat 14 (empat belas) hari kerja, Menetapkan biaya yang wajar yang dapat dikenakan kepada pemohon informasi
  • Petugas Informasi menyampaikan atau mengirimkan keputusan Atasan PPID kepada Pemohon atau kuasanya selambat-lambatnya dalam waktu 2 (dua) hari kerja sejak menerima tanggapan dari Atasan PPID dan ditembuskan ke PPID serta Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat Mahkamah Agung.
  • Pemohon yang mengajukan keberatan yang tidak puas dengan keputusan atasan PPID berhak mengajukan permohonan penyelesaian sengketa Informasi kepada Komisi Informasi selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari kerja sejak diterimanya keputusan atasan PPID.

 

Sumber : SK KMA NO. 1-144/KMA/SK/I/2011

Layanan Informasi

SELAMAT DATANG DI WEBSITE PENGADILAN TINGGI KALIMANTAN TIMUR

Situs Terkait


Pengadilan Tinggi Samarinda
pt.samarinda@gmail.com

Hak Cipta © 2011 Pengadilan Tinggi Samarinda
All Rights Reserved