UPACARA PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA 2023


Samarinda, (02/10), menindaklanjuti surat 2660/SEK/HM3.1.1/IX/2023 dari Sekretaris Mahkamah Agung. Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur melaksanakan upacara memperigati hari kesaktian pancasila. upacara ini diselenggarakan secara bersama dengan Pengadilan Negeri Samarinda. Ketua Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur Bapak Nyoman Gede Wirya,S.H.,M.H bertindak sebagai inspektur upacara. prosesi upacara di awali dengan mengheningkan cipta serta dilanjutkan dengan pembacaan teks pancasila yang di pimpin langsung oleh inspektur upacara yang diikuti oleh seluruh peserta upacara dilanjutkan dengan pembacaan naskah pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 selanjutnya pembacaan naskah Ikrar Bapak Rakhmat Dwinanto,S.H (Hakim PN Samarinda).

 Naskah Ikrar yang disampaikan berisi tentang semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya NKRI. Selain itu juga komitmen bangsa Indonesia untuk membulatkan tekad dalam mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan serta menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI.

Upacara ini bertujuan  untuk mengenang jasa pahlawan revolusi yang menjadi korban pembunuhan oleh PKI yaitu; 6 jendral dan 1 perwira. tema yang diangkat dari peringatan hari kesaktian pancasila tahun ini ialah "Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju".